Launching Paket Aplikasi Sekolah (LPAS)

Sunggguh merupakan kebangggan bagi keluarga besar SMA negeri 1 Purwareja klampok karena TIM IT telah bebrhasil mengembangkan paket aplikasi sekolah (PAS) keluaran direktorat PSMA. Pembenahan terus dilakukan berkaitan dengan PAS menuju titik yang lebih bagus dan dapat dikondisikan denagn SMS gateway. SMA gateway adalah sebbuah program untuk mengakses informasi melalui SMS, misal untuk meengetahui absensi, orangtua cukup SMS ke no center.   
Implementasi, sosialisasi, Workhsop dan Pelatihan  Paket Aplikasi SEkolah (PAS) SMA terus menerus mendapatkan perhatian dari Sekolah. Soialiasi pada Sekolah RSBI tahun 2007 yang dilanjutkan dengan Bimtek pada 50 Sekolah RSBI. untuk memperluas tebaran penggunaan PAS SMA, Direktorat Pada tahun 2009 juga telah memilih 50 Sekolah yang dijadikan PAS Cluster dan Sekolah yang dipilih akan mengirimkan 2 tenaga TI untuk diberikan TOT (Train of trainer). TOT ini dilakukan sebanyak 2 kali sebelum implementasi PAS Cluster dan 1 kali sesudah Implementasi di sekolah. Pada tahun 2010 telah ada 30 Sekolah yang akan menjadi PAS Cluster.
Pada tahun 2002 bertempat di Jakarta, Dit. PSMA menyelenggarakan workshop yang bertema “Sosialisasi Sistem Informasi Pendidikan Menengah Atas (SI-SMA)”, dengan mengundang dinas-dinas pendidikan tingkat propinsi se-Indonesia. Salah satu yang dihasilkan dari workshop tersebut adalah berupa gagasan untuk membangun sistem informasi manajemen pendidikan tingkat sekolah pada jenjang pendidikan Menengah Atas. Sistem informasi manajemen pendidikan tingkat sekolah ini dinamakan Paket Aplikasi Sekolah.
Pembangunan PAS-SMA diyakini sebagai solusi teknologi informasi (IT solution) terhadap masalah kualitas data dan informasi pendidikan yang selama ini menjadi salah satu kendala utama dalam perencanaan berbagai kegiatan dan perumusan berbagai kebijakan dalam rangka pembinaan dan penyelenggaraan pendidikan Menengah Atas di Indonesia - baik di tingkat nasional maupun di tingkat regional (propinsi dan kabupaten/ kota).
Gagasan untuk membangun PAS-SMA tidak semata-mata dimaksudkan hanya untuk memperbaiki kualitas data yang diperoleh dan informasi yang dihasilkan oleh Dit. PSMA dan dinas-dinas pendidikan baik di tingkat propinsi maupun di tingkat kabupaten/ kota, tetapi juga dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas manajemen pendidikan yang dijalankan setiap SMA se-Indonesia. Oleh karena itu, dirumuskanlah tujuan dan sasaran pembangunan PAS-SMA sebagaimana berikut ini.
SMA Negeri 1 majenang sebagai salah satu lembaga pendidikan mulai tahun ajaran ini sudah menerapkan PAS ONLINE dalam melaksanakan segala macam kegiatan administrasinya.
Hal ini akan sangat membantu pihak sekolah dan juga sangat berguna bagi semua pihak mulai dari wali murid, komite sekolah dan seluruh masyarakat pendidikan umumnya.
Anda dapat mengakses PAS ONLINE SMAN 1 Majenang ini lewat URL :
Kritik dan saran yang membangun sangat diharapkan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Malam indah bulan purnama

Cara Menabung di BCA Mudah