Leveling Aplikasi PAS Sekolah RSBI


Salah satu hasil pembahasan Maintenance dan Development PAS tahun 2010 yang dilaksanakan tanggal 3 s.d 5 Pebruari di hotel pitagiri adalah Leveling PAS SMA RSBI . Leveling ini didasarkan pertemuan antara tim PAS direktorat Pembinaan SMA dan para fasilitator PAS dari Sekolah secara langsung mendampingi implementasi PAS. Namun Leveling ini belum penilaian mutlak, sekolah yang merasa diberi level rendah bisa mengajukan keberatan dengan melengkapi bukti fisik yang diperlukan pada setiap level yang diakui oleh sekolah. data level PAS SMA klik disini

Beberapa sekolah belum diberi penilaian hal ini karena tidak terdengar kabarnya tentang implementasi PAS yang dapat diasumsikan pada level D ataupun level E.
Secara garis besar 5 Level sebagai berikut :

A. Implementasi PAS telah terintegrasi dengan sistem manajemen Sekolah
B. Implementasi PAS belum terintegrasi dengan sistem manajemen Sekolah
C. Implementasi PAS tidak terintegrasi dengan sistem manajemen Sekolah
D. Implementasi PAS baru sebatas wacana di Sekolah
E. Dari SDM dan Infrastruktur mampu untuk Implementasi PAS namun sekolah menolak Implementasi PAS
Pada Level A ini dapat dikatakan sekolah sangat tergantung pada PAS. Level B pemakai PAS sudah mendekati terintegrasi namun ada beberapa fitur yang masih dapat tidak memakai PAS. Level C pelaksanaan PAS di sekolah cenderung setengah -setengah, hanya sekedar memakai dan dapat untuk mengelabungi atau hanya sekedar menyenangkan Direktorat PSMA untuk pelaksanaan program PAS. Level D hanya sebatas wacana dan sekedar omong-omong saja. Level E ini level terendah yaitu tidak akan memakai PAS dan sekolah dianggap menantang Direktorat PSMA dalam pelaksanaan Program PAS.

Daftar lengkap dan kriteria teknis disertakan dalam lampiran file *.xls bagi sekolah yang  merasa tidak sesuai penilaiannya silahkan memberikan bukti fisik. Bagi  Sekolah yang tidak ada nilainya dianggap level E ataupun paling baik diangap level D. silahkan sekolah yang masih kosong memberikan kabar pelaksanaan implementasi PAS.

Perlu diingatkan kembali Aplikasi PAS wajib bagi sekolah rSBI. Apalagi pada tahun ini akan ditentukan nasib 100 sekolah rsbi yang dimulai angkatan tahun 2006 akan dihilang "R" atau ditambahan lebel B. Menjadi sekolah SBI atau menjadi sekolah Bekas SBI. Sekolah Bekas RSBI ini akan digantikan oleh sekolah sekolah rsbi baru pada tahun ini.

Untuk sekolah yang belum RSBI namun sudah mengimplementasikan PAS belum diumumkan sekarang namun Direktorat PSMA memberikan Apresiasi yang sangat baik.
sumber : milis smarsbi

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Malam indah bulan purnama

Cara Menabung di BCA Mudah